Resmi Dimulai, Program Komunikasi pada Penjurian IDEAS 2O24 Diharapkan Berdampak Nyata

Share post
Penjurian hari pertama IDEAS 2024 secara hibrida di Jakarta, Kamis (20/6/2024). Foto: Yoga/HUMAS INDONESIA.

Founder sekaligus CEO PR INDONESIA Group Asmono Wikan dalam sambutannya mengatakan, animo peserta yang luar biasa di penyelenggaraan IDEAS 2024 menegaskan urgensi implementasi DEI dan ESG di berbagai organisasi.

JAKARTA, HUMASINDONESIA.ID - Babak penjurian kompetisi The 3rd Indonesia DEI & ESG Awards (IDEAS) 2024 resmi dibuka hari ini, Kamis (20/6/2024). Pada sesi yang berlangsung secara hibrida di Jakarta hingga 21 Juni 2024 ini, para peserta ditantang untuk mempresentasikan program terbaik mereka dalam mengomunikasikan diversity, equity, inclusion (DEI) dan environmental, social, governance (ESG) di organisasi masing-masing.

Tahun ini tercatat 118 entri yang masuk ke meja panitia. Tersaring 68 entri dari 47 institusi yang berhak melaju ke babak final. Dari jumlah tersebut, sebanyak 51 entri bersaing di kategori ESG, dan sisanya 17 entri di kategori DEI. Hari ini ada 35 entri yang dipresentasikan di hadapan dewan juri. Sementara sisanya, 35 entri akan dipresentasikan di hari kedua. 

Dalam sambutannya, founder sekaligus CEO PR INDONESIA Group Asmono Wikan mengatakan, animo peserta yang luar biasa di tahun ini menunjukkan tingginya urgensi implementasi DEI dan ESG di berbagai organisasi. “Besarnya respons respons dari berbagai stakeholders untuk mengikuti kompetisi kali ini menunjukkan praktik DEI dan ESG semakin vital bagi setiap organisasi,” ujarnya.

Asmono pun berharap, kinerja terbaik masing-masing organisasi dalam mengomunikasikan DEI dan ESG yang diikutsertakan dalam ajang ini, dapat memberikan dampak nyata bagi lingkungan dan masyarakat. “Kami berharap betul bahwa impact dari komunikasi itu benar-benar berguna dan dapat berdampak,” ujar Sekretaris Jenderal Serikat Perusahaan Pers (SPS) Pusat itu.

Harapan tersebut disampaikan Asmono karena menilai isu kesetaraan, keberagaman, inklusi sosial, hingga isu lingkungan yang berkutat di kehidupan masyarakat hari ini, masih akan membutuhkan perhatian bersama. Dengan demikian, katanya, kinerja yang diikutsertakan ke dalam IDEAS 2024 seyogianya tidak berakhir di meja dewan juri. “Semakin banyak komunikasi yang mendukung ekosistem berbasis DEI dan ESG, implementasinya akan lancar dan berkelanjutan,” pungkasnya.

IDEAS 2024

IDEAS merupakan ajang kompetisi program komunikasi/public relations (PR)/kehumasan strategis yang berbasis pada praktik terbaik penerapan komunikasi diversity, equity, inclusion (DEI) dan environment, social, governance (ESG). Kompetisi ini terbuka untuk humas kementerian, lembaga, pemerintah daerah, perguruan tinggi negeri, BUMN, anak usaha BUMN, BUMD, RSUP/RSUD, korporasi multinasional, korporasi swasta nasional, LSM, dan organisasi nonprofit se-Indonesia.

Tahun ini, terdapat lima dewan juri yang diterjunkan untuk melakukan penilaian. Mereka adalah CEO Center for Public Relations, Outreach and Communication Emilia Bassar, ahli dalam praktik DEI Dyah Indrapati, ahli dalam praktik ESG Herry Ginanjar, founder sekaligus CEO PR INDONESIA Group Asmono Wikan, serta Wakil Rektor I LSPR Janette Maria Pinariya.

Penganugerahan penghargaan bagi pemenang IDEAS 2024 akan dilaksanakan di Kota Malang pada tanggal 26 Juli 2024. Ikuti terus informasi IDEAS 2024 melalui website maupun media sosial HUMAS INDONESIA dan PR INDONESIA(dlw)


Share post

Tentang Penulis
Humas

Humas