Yuk, Intip Ragam Topik di Kategori ESG dalam Ajang IDEAS 2024

Share post
The 2nd Indonesia DEI & ESG Awards (IDEAS) 2023 di Belitung, Rabu (2/8/2023). Foto: HUMAS INDONESIA

Kategori environmental, social, governance (ESG) The 3rd Indonesia DEI & ESG Awards (IDEAS) terbagi ke dalam tiga subkategori. Apa saja?

YOGYAKARTA, HUMASINDONESIA.ID – Ajang Indonesia DEI & ESG Awards (IDEAS) 2024 membuka kesempatan bagi humas se-Indonesia untuk unjuk praktik terbaik dalam mengomunikasikan diversity, equity, inclusion (DEI), dan environmental, social, governance (ESG) yang dijalankan institusi. Sesuai namanya, kompetisi ini menghadirkan dua kategori entri bagi para peserta.

Jika kategori DEI hanya menyuguhkan empat subkategori, kategori ESG dalam tiga subkategorinya mengusung sejumlah topik khusus. Pertama, subkategori lingkungan (environmental) memuat topik perubahahan iklim, penggunaan sumber daya, penanganan polusi dan sampah, keanekaragaman hayati, regulasi dan kepatuhan pada lingkungan, serta usaha-usaha perbaikan lingkungan.

Kedua, subkategori sosial (social) meliputi topik hak asasi, hubungan dengan pegawai, hubungan dengan masyarakat atau komunitas, hubungan dengan pelanggan, serta hubungan dengan pemasok atau supplier.

Ketiga, subkategori tata kelola (governance) mencakup topik hak-hak pemegang saham (khusus peserta dari korporasi), anti korupsi, etika bisnis dan budaya perusahaan, advokasi kebijakan, manajemen risiko, manajemen pemangku kepentingan, transparansi dan keterbukaan.

Adapun para peserta IDEAS 2024 pada kategori ini dipersilakan untuk memilih subkategori sesuai topik yang menjadi unggulan praktik ESG di institusi masing-masing. Secara umum, Noviarianti dalam penelitian milik Sarnisa, dkk, berjudul Praktik Pengungkapan Informasi Environmental, Social, and Governance (ESG) dalam Penerapan GCG (2022) menjelaskan, ESG merupakan standar yang diterapkan dalam praktik investasi dengan memadukan kebijakan perusahaan hingga tercapai keselarasan dengan ketiga konsep yang ada.

IDEAS 2024

IDEAS merupakan ajang kompetisi program komunikasi/public relations (PR)/kehumasan strategis yang berbasis pada praktik terbaik penerapan komunikasi diversity, equity, inclusion (DEI) dan environment, social, governance (ESG). Kompetisi ini terbuka untuk humas kementerian, lembaga, pemerintah daerah, perguruan tinggi negeri, BUMN, anak usaha BUMN, BUMD, RSUP/RSUD, korporasi multinasional, korporasi swasta nasional, LSM, dan organisasi nonprofit se-Indonesia.

Tahun ini, terdapat lima dewan juri yang diterjunkan untuk melakukan penilaian. Mereka adalah CEO Center for Public Relations, Outreach and Communication Emilia Bassar, ahli dalam praktik DEI Dyah Indrapati, ahli dalam praktik ESG Herry Ginanjar, founder sekaligus CEO PR INDONESIA Group Asmono Wikan, serta Wakil Rektor I LSPR Janette Maria Pinariya.

Adapun untuk mengikuti ajang IDEAS 2024, peserta hanya perlu mendaftarkan entri berupa presentasi dalam format soft copy melalui tautan bit.ly/ENTRYIDEAS2024. Setiap institusi dapat mendaftarkan lebih dari satu entri, dengan biaya senilai Rp950.000 per entri.

Pembayaran entri dapat dilakukan melalui mekanisme transfer ke rekening PT MEDIA PIAR INDONESIA, Bank BNI Cabang Gambir No. Rekening: 389635267, paling lambat tanggal 9 Juni 2024. Perlu diperhatikan, entri yang telah didaftarkan akan dinyatakan gugur seleksi administrasi apabila pembayaran melewati tanggal tersebut.

Untuk informasi lebih lanjut, peserta dapat menghubungi Sdr. Yamin  (085883921252), Sdri. Florentia (081315180560), dan Sdri. Sherly (082138234060). Ikuti terus informasi IDEAS 2024 melalui website maupun media sosial HUMAS INDONESIA dan PR INDONESIA. Selamat berkompetisi! (AZA)


Share post

Tentang Penulis
Humas

Humas