Simak Tips Membuat Konten Kreatif dari Vina A. Muliana!

Share post
Ke depan, video pendek jadi konten paling diminati warganet

Kreator konten TikTok Vina A. Muliana membagikan tipsnya untuk membuat konten kreatif. Yuk, simak!

YOGYAKARTA, HUMASINDONESIA.ID – Nama kreator konten TikTok Vina A. Muliana sudah tak asing lagi di telinga warganet. Awalnya, perempuan yang berkarier di MIND ID ini melihat banyak konten penolakan lamaran kerja yang singgah for you page (FYP) TikToknya. Inilah yang menjadi salah satu alasan hadirnya Vina di dunia konten kreatif. “Masalah tersebut membuat saya memikirkan solusinya,” ujar Vina saat menjadi pembicara dalam International Leadership Conference yang diselenggarakan hibrida, Sabtu (6/6/2022).

Vina percaya bahwa platform digital adalah cara baru untuk mengetahui dan mengelaborasi solusi serta menyampaikan pesan kepada seluruh dunia. “Nah, oleh karena itu kemampuan dalam merancang konten kreatif penting bagi humas,” ujar perempuan yang memiliki 4,5 juta pengikut di TikTok ini.

Kini, TikTok menjadi platform nomor 4 yang banyak digunakan di Indonesia. Bagi Vina, dalam dua sampai tiga tahun ke depan, konten terbaik di platform digital adalah video pendek, persis seperti yang dihadirkan platform TikTok saat ini.

Lantas bagaimana memulai untuk membuat konten kreatif dan berkualitas? Perempuan yang berkarya di TikTok sejak Februari 2021 lalu ini pun membagikan tipsnya.

Mengetahui tujuan

Mengetahui tujuan maksudnya memahami bisnis Sobat HUMAS INDONESIA. Sebab, untuk mendapatkan pemahaman konten terbaik dan berkualitas, humas harus memahami objektif bisnis terlebih dahulu. Berangkat dari hal tersebut, kita akan memahami tujuan media sosial dan mampu mengelaborasi matriks yang digunakan untuk tujuan sosial media itu sendiri.

Memahami nilai

Memahami nilai maksudnya mendefinisikan target audiens. Ketika Sobat HUMAS INDONESIA memiliki media sosial dan ingin memiliki konten yang bagus, Sobat perlu mengetahui dengan baik tentang audiens yang kita targetkan. Kita juga harus mengetahui dan mengelompokkan audiens berdasarkan lokasi, ketertarikan, nilai, dan profesi. Bagi Vina, demografi terbesar dari pengikut media sosialnya adalah pencari kerja, mahasiswa, dan muda-mudi. Itulah sebabnya, konten di media sosial Vina tidak jauh dari tips menggunakan media sosial, tips mencari kerja, dan tips karier untuk profesional muda dan anak-anak muda.

Bangga dengan kepribadian

Bangga dengan kepribadian artinya harus memilih platform terbaik sesuai ciri organisasi. Ketika membicarakan media sosial, ada banyak platform. Baik berbasis teks, video, platform audio maupun gambar. Untuk mendapatkan konten terbaik, kita harus memilih platform terbaik, sesuai dengan kebutuhan konten. (fsb)


Share post

Tentang Penulis
Humas

Humas