4 Langkah Strategis yang Harus Dilakukan Humas

Share post
Ilustrasi empat langkah strategis untuk humas. Foto: Pexels.com/augustderichelieu

Ada empat tahapan yang dapat dilakukan humas agar dapat memberikan kontribusi yang optimal bagi organisasi. Apa saja? 

JAKARTA, HUMASINDONESIA.ID—Dilansir dari uma.ac.id, humas berperan dalam menciptakan dan memelihara hubungan yang positif dengan berbagai pihak, baik itu pihak eksternal maupun internal perusahaan. Sementara menurut  Cutlip, Centre, dan Broom dalam bukunya berjudul effective public relations (1982), ada empat tahapan yang harus dilakukan humas dalam menjalankan perannya. Sehingga, humas dapat memberikan kontribusi yang optimal bagi organisasi. Berikut uraiannya:

1. Tahap Pencarian Fakta

Pada tahap ini, humas memiliki tugas untuk mencari fakta dan data di lapangan terkait dengan opini, sikap, dan reaksi publik terhadap segala sesuatu yang berhubungan dengan organisasi atau perusahaan. Setelah itu, humas dapat melakukan kajian untuk  kemudian menentukan perencanaan yang harus dilakukan perusahaan.

2. Tahap Perencanaan

Tahapan perencanaan atau planning dilakukan untuk menyusun program kerjanya. Pada tahap perencanaan program kerja ini, ada empat tahap dasar yang harus diperhatikan oleh humas. Empat tahap dasar tersebut antara lain menyusun masalah berdasarkan tujuan yang ingin dicapai oleh perusahaan, merumuskan keadaan perusahaan saat ini (kondisi sumber daya manusia, anggaran, alat penunjang kegiatan, dan lainnya), mengidentifikasikan hambatan, serta terakhir membuat serangkaian perencanaan kegiatan untuk mencapai tujuan.

3. Tahap Komunikasi

Tahap berikutnya adalah komunikasi atau penyampaian informasi secara aktif kepada publik, baik kalangan internal maupun eksternal. Pada proses penyampaian informasi, praktisi humas dapat menggunakan berbagai bentuk, jenis, dan juga teknik komunikasi agar pesan komunikasi yang disampaikan untuk publik dapat diterima dengan baik.

4. Tahap Evaluasi

Setelah tahap komunikasi dilaksanakan, humas perlu menghimpun respons atau umpan balik (feedback) dari publik. Langkah ini dilakukan agar humas mengetahui dampak atau pengaruh dari komunikasi yang dilakukan. Caranya, dengan melakukan evaluasi. Dari hasil evaluasi, humas dapat melakukan perbaikan agar strategi dan dampak komunikasi semakin baik ke depan. (HUR)


Share post

Tentang Penulis
Humas

Humas