5 Tips ‘’Public Speaking’’ ala Shahnaz Haque

Share post
Aktris dan Presenter Senior Shahnaz Haque membagikan tips mudah dalam melakukan public speaking untuk para praktisi komunikasi. Dok. Instagram/ShahnazHaque

Public speaking menjadi modal yang wajib dimiliki praktisi humas untuk memastikan penyampaian informasi publik terlaksana dan diterima dengan baik.

JAKARTA, HUMASINDONESIA.IDPublic speaking memiliki sejumlah karakteristik pembeda dengan bentuk komunikasi lain, yang harus dikuasai praktisi humas untuk memastikan penyampaian informasi publik terlaksana dan diterima dengan baik.

Mengutip jurnal yang ditulis Lasmery RM Girsang berjudul Public Speaking Sebagai Bagian dari Komunikasi Efektif (2018), karakteristik public speaking yang pertama adalah bersifat lebih terstruktur, memerlukan bahasa formal, dan membutuhkan metode penyampaian yang berbeda.

Meski tampak lebih sulit, tetapi ada beberapa tips public speaking yang bisa diadaptasi praktisi humas, sebagaimana disampaikan aktris dan presenter senior Shahnaz Haque kepada HUMAS INDONESIA, Kamis, (21/3/2024).

1. Kenali Target Audiens

Menurut Shahnaz, penting untuk mengetahui sasaran audiens, sehingga pembicara dapat menyederhanakan dan menyesuaikan isi pesan dengan level audiens yang mendengarkan.

2. Latihan Berbicara di Depan Kamera

Perempuan yang terpilih menjadi Putri Indonesia Favorit Tahun 1995 itu mengatakan, kesalahan terbesar seseorang ketika latihan public speaking adalah berbicara di depan kaca. Menurutnya, cara yang lebih efektif adalah berbicara di depan kamera yang dipegang oleh satu orang tandem, agar bisa mendapat umpan balik maupun respons dari orang lain.

3. Badan Tidak Diam di Tempat

Mendiamkan diri ketika gugup hanya akan memperparah perasaan canggung yang akan memperbesar peluang salah bicara. Untuk itu, Shahnaz menyarankan pembicara melakukan sedikit gerakan kecil saat di atas panggung, atau mencoba berpindah-pindah tempat saat bicara untuk mengurangi kegugupan.

4. Tepuk Lembut Dada dan Nadi

Menurut Shahnaz, menepuk lembut dada sebelah kiri (posisi jantung) dan nadi di tangan akan membantu tubuh merasa lebih rileks dan nyaman. Ia menyarankan untuk melakukan tepukan senatural mungkin saat berada di atas panggung agar tak terlihat canggung.

5. Berdoa Kepada Tuhan

Tidak kalah penting dari keempat tips sebelumnya, bagi Shahnaz, berdoa kepada Tuhan merupakan kunci untuk merasakan ketenangan hati saat melakukan public speaking.

Demikian lima tips sukses melakukan public speaking ala aktris dan presenter senior Shahnaz Haque. Semoga informasi ini bermanfaat, ya! (HUR)


Share post

Tentang Penulis
Humas

Humas