5 Tips Menerapkan SEO untuk Akun Instagram

Share post
Ilustrasi instagram. Foto: Pexels.com/Pixabay

Humas yang ingin menggencarkan komunikasi melalui Instagram juga bisa menerapkan search engine optimization (SEO) untuk memastikan keterjangkauan audiens. Yuk, simak caranya.

JAKARTA, HUMASINDONESIA.ID—Ketatnya persaingan konten di era internet saat ini telah melahirkan konsep search engine optimization (SEO). Konsep tersebut manawarkan bermacam pendekatan optimasi konten website agar dapat muncul di halaman pertama mesin pencarian Google.

Akan tetapi, seiring perkembangan kebutuhan terhadap konten, SEO tidak hanya diterapkan untuk konten website. Dalam hal ini, humas yang ingin menggencarkan komunikasi melalui Instagram juga bisa menerapkan SEO untuk memastikan keterjangkauan audiens. Melansir Glints, berikut tujuh tips yang bisa diterapkan.

1. Optimalkan Profil Instagram

Profil Instagram adalah kunci penting dalam optimasi SEO. Agar akun mudah ditemukan khalayak, pastikan profil dapat diakses publik dan sertakan foto yang mewakili identitas brand. Nama pengguna juga harus dipastikan mudah dikenali dan dicari. Selain itu, gunakan fitur akun bisnis, dan sertakan link yang relevan.

2. Sertakan Kata Kunci Pada Username dan Bio

Pastikan akun perusahaan memuat kata kunci yang mewakili bisnisnya, baik itu pada nama pengguna, maupun penjelasan singkat dalam kolom bio. Kata kunci tersebut bisa didapat melalui riset tentang pencarian umum khalayak mengenai bidang yang digeluti perusahaan. Sebagai contoh, untuk bisnis kue, bisa menyematkan kata kunci “bakery”.

3. Sertakan Hashtag

Hashtag atau tanda pagar perlu disematkan di dalam caption sebuah konten. Pada tahap ini, baik caption maupun hashtag diharuskan memuat kata kunci yang relevan dengan konten, seperti #weddingcake atau #kuepernikahan untuk konten promosi produk kue.

4. Manfaatkan Fitur Instagram Alt Text

Dilansir dari ub.ac.id, alt text berguna jika sebuah konten Instagram tidak tampil karena gangguan koneksi internet. Dalam situasi tersebut, fitur alt text dapat menyuguhkan deskripsi tentang konten agar khalayak tetap bisa memahami konteks. Deskripsi untuk fitur ini bisa ditulis melalui menu advanced settings pada bagian caption.

5. Pantau Perkembangan Akun Instagram dengan Analitik

Untuk memastikan empat langkah sebelumnya efektif, perkembangan konten yang telah dioptimasi perlu dipantau melalui fitur analitik dari Instagram. Data analitik ini juga bisa dimanfaatkan humas untuk menyusun strategi komunikasi yang tepat ke depannya.

Demikian lima tips untuk mengoptimasi akun Instagram. Semoga informasi ini dapat bermanfaat ya! (HUR)


Share post

Tentang Penulis
Humas

Humas