7 Spesialisasi Humas yang Wajib Diketahui

Share post
Ilustrasi humas. Pexels.com/alexandersuhorucov

Profesi humas di perusahaan memiliki spesialisasi tergantung fokus bidang yang dikerjakan. Penasaran apa saja?

JAKARTA, HUMASINDONESIA.ID—Meski terkesan hanya melakukan komunikasi, pada kenyataannya tugas humas lebih kompleks dari itu. Sebagaimana dijelaskan Cutlip, Center, dan Broom dalam bukunya berjudul Effective Public Relations (2006), humas adalah suatu fungsi manajemen yang dibentuk untuk menciptakan dan mempertahankan hubungan baik antara organisasi dengan publik.

Dalam praktiknya, humas memiliki spesialisasi pekerjaan yang beragam. Perbedaan antara satu dan lainnya berkisar pada tujuan dan audiens target yang hendak disasar. Melansir Radvoice, berikut tujuh di antaranya.

1. Online dan Media Sosial

Humas perusahaan yang menggawangi online dan media sosial biasanya berfokus menangani masalah komunikasi dan publikasi di kanal digital perusahaan. Mereka biasanya aktif bekerja menggunakan platform seperti Instagram, Facebook, TikTok, dan lainnya, untuk mempromosikan kampanye maupun citra perusahaan.

2. Media Relations

Fokus dari spesialisasi ini berhubungan dengan berita, wartawan, maupun pers secara umum. Rentang kerja humas di bidang ini berkisar dari melakukan wawancara, menerbitkan siaran pers, dan melaksanakan kegiatan pers untuk kepentingan perusahaan.

3. Crisis Communications

Spesialisasi ini dirancang untuk melindungi dan mempertahankan reputasi individu, perusahaan maupun organisasi. Dalam praktiknya, humas memiliki tugas khusus menangani krisis dan menyusun strategi komunikasi yang tepat.

4. Public Affairs

Seorang public affairs memiliki tugas untuk berkomunikasi dan membina hubungan baik dengan pemangku kepentingan. Tujuannya adalah memengaruhi kebijakan publik dan membangun dukungan terhadap agenda perusahaan. Seorang public affairs biasanya memiliki hubungan akrab dengan politisi, penasihat politik, hingga pejabat pemerintah.

5.  Community Relations

Spesialisasi ini fokus merawat hubungan baik dengan komunitas atau masyarakat. Melansir Glints, cara yang biasanya dilakukan adalah mengadakan kegiatan positif yang melibatkan komunitas, seperti pengadaan kesehatan masyarakat, bazar makanan, dan sejenisnya.

6. Employee Communications

Spesialisasi satu ini berkutat di ranah internal, dengan tanggung jawab seperti menyusun program komunikasi yang ditujukan khusus untuk karyawan, hingga mempromosikan budaya dan nilai suatu perusahaan.

7. Strategic Communications

Secara spesifik, spesialisasi ini memiliki peran penting dalam membangun reputasi perusahaan lewat berbagai strategi. Dilansir dari laman Universitas Multimedia Nusantara, strategic communications umumnya menguasai segala bentuk komunikasi yang berhubungan dengan bisnis, merek, maupun perusahaan.

Demikian penjelasan mengenai tujuh spesialisasi humas. Semoga informasi ini bermanfaat, ya! (HUR)


Share post

Tentang Penulis
Humas

Humas