Catat! Ini 7 Tren Terkini Kehumasan

Share post
Ilustrasi tren terkini kehumasan. Foto: Pexels.com/wallsio

Humas harus terus memerhatikan tren yang sedang berkembang, agar dapat menyusun strategi dan program komunikasi yang komprehensif lagi relevan.

JAKARTA, HUMASINDONESIA.ID—Praktisi humas harus senantiasa memahami tren terkini di lingkup kerjanya agar dapat melahirkan strategi komunikasi yang relevan dan efektif.

Adapun dewasa ini tren kehumasan berkembang sangat dinamis. Seperti dilansir dari K2 Communications, setidaknya ada tujuh tren yang perlu diadaptasi. Apa saja?

1. Menggunakan Jasa Influencer Marketing

Dewasa ini influencer memiliki pengaruh yang signifikan untuk menggencarkan kampanye atau promosi suatu organisasi. Dalam hal ini, humas perlu mengasah kecakapan untuk memanfaatkan influencer marketing yang sesuai dengan target sebagai salah satu strategi komunikasi.

2. Perkembangan Media Sosial

Humas kiwari harus sedia mengulik serba-serbi media sosial, termasuk perkembangan tools terbaru, karena ada banyak kemungkinan yang bisa dimanfaatkan untuk melancarkan program komunikasi.

3. Tren 360° Communications Strategy

Dilansir dari Endeecom, komunikasi 360° adalah strategi menyampaikan tujuan, pesan, dan informasi melalui multi channel atau platform media sosial, elektronik, cetak, hingga billboard. Meski membutuhkan biaya yang tak sedikit, tetapi strategi ini dinilai ampuh untuk melakukan brand positioning, rebranding, mengenalkan produk/layanan baru, atau memaksimalkan produk existing.

4. Memanfaatkan Data

Data dapat memberikan wawasan mendalam tentang tren, preferensi, dan perilaku khalayak. Dengan pemahaman yang baik terhadap data, humas dapat merancang strategi komunikasi yang efektif. Dengan data pula humas bisa menyusun strategi secara lebih kohesif.

5. Mengadopsi Artificial Intelligence

Dalam perkembangannya, artificial intelligence (AI) mampu mengotomatisasi beberapa tugas yang dapat membuat kinerja humas menjadi lebih efektif.

6. Kebangkitan Digital Marketing

Aktivasi digital marketing yang mencakup penggunaan metode periklanan berbayar seperti Google Ada, pemasaran email, optimalisasi SEO, memungkinkan perusahaan mencapai audiens yang lebih besar dengan cepat dan mudah.

7. Bisnis Keberlanjutan

Pada perkembangannya, bisnis berkelanjutan yang mencakup upaya perusahaan menjaga dan merawat lingkungan, telah menjadi rapor penting bagi perusahaan. Dalam hal ini, humas harus memerhatikan dan mengomunikasikan aspek keberlanjutan perusahaan yang akan sangat berdampak terhadap citra maupun kepercayaan publik.

Demikian tujuh tren terkini kehumasan yang perlu diadaptasi. Semoga informasi ini bermanfaat, ya! (HUR)

 

 


Share post

Tentang Penulis
Humas

Humas