Diskominfo SP Paser Bangun Pusat Informasi Media Tingkat Kecamatan

Share post
Rapat pembentukan Media Center Kecamatan, Rabu (5/6/2024). Foto: Najib/Kaltim Post.

Inisiatif Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian (Diskominfo SP) Kabupaten Paser Arief Rahman mengatakan, inisiatif tersebut dimaksudkan sebagai perpanjangan tangan humas pemerintah bagi wartawan.

KABUPATEN PASER, HUMASINDONESIA.ID – Dalam rangka peningkatan penyebaran informasi kepada masyarakat, Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian (Diskominfo SP) Kabupaten Paser berencana membangun media center atau pusat informasi media di tingkat kecamatan.

Kepala Diskominfo SP Kabupaten Paser Arief Rahman mengatakan, inisiatif tersebut dimaksudkan sebagai perpanjangan tangan humas pemerintah bagi wartawan. “Media center bisa berperan sebagai humas kecamatan untuk menginformasikan kegiatan pemerintah maupun masyarakat,” ucapnya seperti dikutip dari Kaltim Post dalam rapat bersama perwakilan seluruh kecamatan di Kabupaten Paser, Rabu (5/6/2024).

Dalam rapat tersebut Arief mengimbau para camat yang hadir untuk segera menindaklanjuti pembentukan media center. Ia menegaskan, dengan adanya inisiatif tersebut pihak kecamatan dapat mendiseminasikan segala informasi dan kebijakan, guna mendorong partisipasi masyarakat dalam pembangunan daerah.

Melanjutkan Arief, Kepala Bidang Informasi Komunikasi Publik Asnan Lathief menambahkan, para camat juga diharapkan segera menunjuk staf pengelola media center, untuk nantinya akan diberikan pelatihan khusus dari pemerintah daerah.

Adapun mengenai tugas staf pengelola media center, kata Asnan, di antaranya menghimpun, mengelola, hingga mempublikasikan informasi yang bersumber dari kegiatan pemerintah maupun masyarakat di kecamatan tempat media center berdiri. Di samping itu, staf pengelola juga punya wewenang untuk memberikan data atau informasi tambahan yang dibutuhkan wartawan.

Pusat Pengaduan

Sejatinya, inisiatif media center dari Diskominfo SP Kabupaten Paser bisa lebih dari sekadar wadah diseminasi informasi. Sebagaimana dikutip dari penelitian berjudul Efektivitas Media Center dalam Memberikan Penanganan Keluhan di Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Surabaya (2016) yang ditulis Muhammad Arif Hendramawan, media center juga dapat menjadi wadah penampung aspirasi.

Di dalam penelitian tersebut dijelaskan, media center seyogianya harus mampu menjembatani komunikasi antara pemerintah dan masyarakat. Dalam hal ini, pengelola media center membutuhkan kecakapan untuk memastikan setiap keluhan yang disampaikan masyarakat, direspons dan ditangani dengan baik dan cepat. (AZA)


Share post

Tentang Penulis
Humas

Humas