Diskusi Menyeluruh Tentang Tatanan Kesehatan Global

Share post
Melalui perhelatan Group of Twenty (G20) Indonesia, Kemenkes memperkenalkan jalur kesehatan G20. Tujuannya, untuk menentukan arah perjalanan dunia dalam mengakhiri pandemi. Dok.Istimewa

 

Industri kesehatan seluruh dunia sangat terguncang dengan datangnya pandemi COVID-19. Dalam waktu hampir dua tahun ini, banyak sekali langkah-langkah baru dan improvisasi yang dilakukan oleh berbagai stakeholder kesehatan di seluruh dunia. 

 

JAKARTA, HUMASINDONESIA.ID - Ya, ada banyak isu kesehatan yang mengemuka. Data Kementerian Kesehatan (Kemenkes) yang diuraikan oleh Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat (Rokomyanmas) Kemenkes Widyawati kepada HUMAS INDONESIA secara tertulis, Senin (17/1/2022), menunjukkan bahwa hanya 20 persen dari pasokan vaksin global yang tersedia untuk negara berkembang. Padahal, jumlah penduduknya hampir setengah dari populasi dunia. Miris. Tapi, begitulah fakta yang terjadi di dunia saat ini.  

Belum lagi soal perbedaan yang mencolok terkait kapasitas berbagai negara dan wilayah untuk mendeteksi dan memantau patogen yang muncul dengan surveilans genomic. Yakni, upaya pelacakan dan pemantauan genom virus corona untuk mencegah meluasnya penyebaran virus.

Isu lainnya adalah sektor kesehatan hingga saat ini belum memiliki mekanisme global yang dapat dengan cepat memobilisasi sumber daya, baik dalam hal pendanaan maupun penanggulangan medis penting lainnya dalam menanggapi krisis kesehatan masyarakat.

SELENGKAPNYA BACA DI E-MAGZ : EDISI 82, MEMBUMIKAN FORUM G20

Share post

Tentang Penulis
Humas

Humas