Humas Wajib Tahu! Ini 5 Cara Meningkatkan SEO untuk Siaran Pers

Share post
Ilustrasi SEO. Foto: Pexels.com/mikaelblomkvist

Siaran pers yang disebar melalui website perlu menggunakan teknik search engine optimization (SEO) untuk meningkatkan visibilitas pengunjung.

JAKARTA, HUMASINDONESIA.ID—Terlepas dari beragam medium penyebaran pesan terbaru dalam praktik kehumasan, siaran pers tetap menjadi salah satu yang diandalkan karena efektivitasnya merangkum informasi. Terlebih saat ini penyebaran siaran pers oleh humas dapat dilakukan lewat berbagai cara, salah satunya melalui website.

Meski demikian, dalam konteks penyebaran melalui website, humas perlu melakukan sejumlah penyesuaian ketika menyusun siaran pers. Utamanya mengenai search engine optimization (SEO), yang bertujuan meningkatkan kemungkinan siaran pers ditemukan dan dibaca oleh audiens. Melansir Radvoice, setidaknya ada lima hal yang perlu humas sesuaikan.

1. Optimalkan 250 Kata Pertama

Dalam pendekatan SEO, 250 kata pertama adalah segalanya. Oleh karena itu, humas harus menulis inti pesan di paragraf awal, guna memudahkan algoritma mesin pencari memahami isi siaran pers. Selain itu, langkah ini juga dapat memastikan pembaca menangkap informasi penting dari siaran pers.

2. Sesuaikan Kata Kunci

Agar konten siaran pers berpeluang muncul di pencarian teratas Google, humas perlu menyisipkan kata kunci yang populer sesuai dengan isi siaran pers. Dilansir dari Dqlab, humas dapat menggunakan Google Keyword Planner, Google Trends, SEMRush, Ubbersuggest, dan tools sejenis untuk menemukan kata kunci yang sesuai.

3. Gunakan Hyperlink dengan Tepat

Hindari menautkan internal link terlalu banyak, karena hal ini akan membuat siaran pers sulit dibaca mesin pencari. Sebagai gantinya, gunakan tautan hanya untuk bagian yang memang dirasa perlu dan penting.

4. Berikan Kutipan dari Sosok Terkenal

Menyertakan kutipan dari sosok terkenal ke dalam siaran pers akan meningkatkan visibilitas, yang dapat berdampak kepada jumlah pembaca. Sebab, ketika seseorang melakukan pencarian terhadap sosok tersebut, siaran pers yang menyertakan kutipannya pun berpeluang muncul di mesin pencari.

5. Tambahkan Gambar

Sisipkan gambar yang tepat dan menarik di siaran pers, baik itu infografik, grafik, ilustrasi, maupun karya fotografi. Pastikan pula humas mengoptimalkan setiap gambar dengan fitur alt text, dan dilengkapi deskripsi yang jelas.

Demikian enam cara meningkatkan SEO siaran pers yang bisa humas terapkan. Semoga informasi ini bermanfaat, ya! (HUR)


Share post

Tentang Penulis
Humas

Humas