Ini 3 Indikator Penting untuk Mengukur Citra Perusahaan

Share post
Ilustrasi citra perusahaan. Foto: freepik.com

Ada tiga indikator penilaian untuk mengukur citra perusahaan (corporate image). Apa saja?

YOGYAKARTA, HUMASINDONESIA.ID – Citra atau image adalah modal berharga bagi organisasi dalam membangun reputasi. Citra yang baik akan menciptakan kepercayaan, meningkatkan nilai merek, dan membawa dampak positif bagi performa perusahaan. Demikian pula sebaliknya, citra yang buruk akan berdampak negatif bagi keberlanjutan perusahaan.

Rhenald Kasali dalam bukunya yang berjudul Sembilan Fenomena Bisnis (2005) menjelaskan bahwa citra perusahaan atau corporate image merupakan persepsi terhadap sebuah perusahaan yang direfleksikan dalam asosiasi yang terdapat dalam memori publik atau konsumen.

Hubungan antara citra dengan konsumen tergambar jelas dalam buku berjudul Building the Corporate Mass karya Siswanto Sutojo yang terbit tahun 2004. Di dalam tulisannya, Siswanto menuliskan bahwa pembentukan citra yang ada dalam benak konsumen sebenarnya dapat diukur. Pengukurannya menggunakan tiga indikator penilaian citra. Berikut uraiannya:

1. Kesan  

Kesan atau impression konsumen merujuk pada tanggapan yang dimiliki oleh audiens ketika mengetahui untuk pertama kali suatu produk atau perusahaan. Kesan konsumen ini dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor. Mulai dari pengalaman pribadi, informasi yang diterima, hingga interaksi dengan produk maupun pelayanan yang ditawarkan.

2. Kepercayaan

Kepercayaan atau trust konsumen bisa tumbuh dari kualitas perusahaan maupun produk dan layanan yang diberikan. Konsistensi perusahaan terhadap nilai yang dipegang akan melahirkan rasa percaya bagi konsumen untuk terus berhubungan dengan perusahaan.

3. Sikap

Sikap atau attitude merujuk pada tingkah laku yang ditampakkan audiens terhadap perusahaan. Sikap konsumen ini berupa keputusan pembelian dan loyalitas pelanggan.

Demikian tiga indikator penilaian citra menurut Siswanto. Dalam mengelola citra perusahaan, humas memegang peran sentral untuk memahami dan merespons ketiga indikator tersebut. (AZA)


Share post

Tentang Penulis
Humas

Humas