Ada beragam jenis kampanya yang biasanya dilakukan humas untuk meningkatkan awareness dan dukungan publik. Apa saja?
YOGYAKARTA, HUMASINDONESIA.ID – Upaya humas meningkatkatkan awareness dapat dilakukan dengan cara kampanye. Mengutip dari Sapience Communications, kampanye public relations (PR) merupakan serangkaian kegiatan yang terencana dan memiliki jangka waktu hingga tujuan yang spesifik. Sementara menurut Dede Apriyanti dalam jurnal berjudul Humas dalam Strategi Kampanye Partai Politik (2009), terdapat tiga jenis kampanye yang biasanya dilakukan oleh praktisi humas. Antara lain:
1. Kampanye Produk
Jenis dari kampanye ini berorientasi pada penjualan dan tujuan komersial. Biasanya perusahaan melakukan kampanye ini dalam rangka peluncuran produk baru.
2. Kampanye Pencalonan Kandidat
Berbeda dari jenis kampanye yang pertama, kampanye pencalolan kandidat berkaitan erat dengan unsur politik, seperti kampanye pada saat pemilihan umum dan pemilihan kepala daerah. Tujuannya, agar tokoh yang diusung sebagai calon pemimpin dapat dikenal dan mendapat dukungan yang luas oleh publik.
3. Kampanye Ideologi
Kampanye ideologi disebut pula dengan kampanye misi sosial. Istilah kampanye ideologi tidak hanya berdimensi pada sosial/perubahan sosial, tetapi juga propaganda maupun paradigma tertentu. Contoh dari kampanye ini, kampanye anti narkoba.
Dilansir dari artikel berjudul Cara Membuat dan Menerapkan Kampanye Public Relations yang dirilis di laman Universitas Medan Area, aktivitas humas, termasuk kampanye akan lebih efektif jika menggunakan metode SMART objective. Metode tersebut meliputi specific, measurable, achievable, relevant, dan time-bound. (AZA)
