
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati berkomitmen akan terus meningkatkan meningkatkan kualitas layanan publik Kementerian Keuangan, khususnya dalam aspek komunikasi.
JAKARTA, HUMASINDONESIA.ID – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menghadiri audiensi bersama Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), Senin (27/3/2023). Dalam persamuhan yang disiarkan langsung di kanal YouTube DPR RI, TV Parlemen, mereka membahas berbagai hal.
Salah satu yang menjadi sorotan Menteri Sri adalah soal pentingnya meningkatkan kualitas layanan publik. Khususnya, dalam aspek komunikasi. Ia mengaku awalnya mengakui masih banyak masyarakat yang takut terhadap petugas Direktorat Jenderal Pajak (DJP). “Mengurus pajak jadi terkesan tidak menyenangkan. Sebab, masyarakat melihat mereka (petugas) dengan rasa khawatir, takut, ngeri,” katanya.
Untuk itu, pihaknya menilai pentingnya Kemenkeu memperbaiki layanan perpajakan. Terutama saat melakukan konsultasi wajib pajak (WP).
Pegawai Diminta Ramah
Dilansir dari kontan.co.id, mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu pun mengimbau agar Account Representative (AR) bisa berkomunikasi dengan ramah. Petugas AR berperan memberi bimbingan, imbauan, konsultasi, dan pengawasan terhadap WP.
Komunikasi yang baik juga harus dilakukan oleh petugas frontliner Kemenkeu. Mulai dari pejabat fungsional, bahkan kalau perlu, juru sita. Selain itu, mereka juga mencari jalan lain, yakni dengan memberikan kemudahan informasi dan membuka sejumlah saluran komunikasi sehingga masyarakat dapat menghubungi atau menjangkau Kemenkeu tanpa harus bertatap muka.
Layanan tersebut meliputi situs www.wise.kemenkeu.go.id dan hotline 134. Atau, email pengaduan wise@kemenkeu.go.id, pengaduanirjen@go.id, dan via whatsapp atau SMS di nomor 08159966662.
“Semua saluran ini kami buka dalam rangka mengawasi seluruh kerja-kerja pegawai Kemenkeu. Kita berharap masyarakat dapat selalu memberi feedback (umpan balik),” pungkasnya. (SGS)
