Ketua Dewan Pers, Azyumardi Azra Meninggal Dunia

Share post
Foto: Dewan Pers

Diangkat menjadi Ketua Dewan Pers pada Mei 2022 lalu, Azyumardi Azra wafat di usia 67 tahunnya.

TANGERANG, HUMASINDONESIA.ID - Ketua Dewan Pers, Azyumardi Azra, mengembuskan napas terakhirnya pada Minggu, 18 September 2022, pukul 12.30 waktu Malaysia. Azyumardi meninggal di usia 67 tahunnya. Mantan rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah dua periode tersebut wafat di Rumah Sakit Serdang, Selangor, Malaysia.

Dikutip dari keterangan Dewan Pers, Azyumardi berada di Malaysia dalam rangka memenuhi undangan dari Angkatan Belia Islam Malaysia (ABIM) untuk menghadiri Konferensi Internasional Kosmopolitan Islam, yang dilaksanakan di Selangor, Malaysia, (17/9/2022). Akan tetapi, kondisi kesehatannya mulai menurun saat mendarat di Bandara Kuala Lumpur tepatnya Jumat, 16 September 2022 lalu.

Pria kelahiran Lubuk Alung, Padang Pariaman, Sumatera Barat, 4 Maret 1955 tersebut, pernah bekerja menjadi wartawan Panji Masyarakat pada 1979 hingga 1985. Ia terpilih menjadi Ketua Dewan Pers untuk periode 2022-2025, dan diangkat pada 18 Mei 2022 lalu. Karyanya dalam dunia kepenulisan dapat dinikmati melalui buku berjudul Indonesia, Islam, and Democracy serta Islam in The Indonesian World: An Account of Institutional Formation.

Dikenal sebagai cendekiawan muslim, dirinya mendapat banyak prestasi semasa hidup. Di antaranya keluar sebagai sarjana Fakultas Tarbiyah IAIN Jakarta pada 1982. Meraih tiga gelar master dari departemen yang berbeda di Colombia University, AS. Ia juga mengantongi gelar doktor di kampus yang sama, kemudian diangkat sebagai guru besar UIN Syarif Hidayatullah pada 1998. (RES)


Share post

Tentang Penulis
Humas

Humas