Komitmen Menerapkan ESG, Skor PHE Turun dari High ke Medium Risk

Share post
Ilustrasi Pertamina Hulu Energi (PHE) berhasil meraih rating ESG 21,5 atau medium risk. Foto: Dok. Pertamina Hulu Energi

Berdasarkan laporan Sustainalytics, Pertamina Hulu Energi (PHE) berhasil menurunkan risiko environmental, social , governance (ESG) dari high risk menjadi medium risk. Bagaimana caranya?

JAKARTA, HUMASINDONESIA.ID—Penerapan nilai-nilai environment, social, governance (ESG) sedang menjadi sorotan dunia, khususnya para investor, dalam dua tahun belakangan ini. Tak terkecuali PT Pertamina Hulu Energi (PHE).

Komitmen dari perusahaan pengelola minyak dan gas bumi dalam mengimplementasikan nilai-nilai ESG, terutama kesungguhan korporasi menjaga kelestarian dan keberlanjutan menunjukkan hasil yang positif. Dikutip dari kontan.co.id, Sustainalytics, lembaga rating internasional, melaporkan skor rating ESG yang pada 2022 meraih angka 30,5 atau high risk, di tahun ini turun menjadi  21,5 atau medium risk.

Menurut VP Health Safety Security Environmental (HSSE) Pertamina Hulu Energi Geri Simansyah Achsan, masih dilansir dari sumber yang sama, skor ini diperoleh setelah melakukan proses asesmen pada aspek ESG sebagai salah satu indikator penilaian.

Ada beberapa aspek penilaian ESG yang dilihat dari PHE. Antara lain, pengelolaan dan pengurangan emisi Gas Rumah Kaca (GRK), pengelolaan air, keanekaragaman hayati, keselamatan kerja, human capital, community relations, serta etika bisnis.

Lebih lanjut, pencapaian yang telah berhasil diraih PHE tersebut tak terlepas dari upayanya menerapkan tiga strategi untuk mendukung dekarbonisasi sebagai bentuk penerapan ESG. Dilansir dari republika.co.id, PHE melakukan strategi seperti mendorong pengembangan gas yang lebih rendah emisi,  program dekarbonisasi dengan menekan konsumsi energi melalui penggunaan pembangkit listrik rendah karbon, serta melakukan pemanfaatan teknologi Carbon Capture Utilization and Storage (CCUS). Yakni, teknologi inovatif yang dapat menangkap emisi CO2 dari proses industri sehingga tidak terlepas ke atmosfer.

Melalui teknologi ini PHE turut berperan mengurangi jejak karbon dari operasi industri minyak dan gas, sekaligus mendukung upaya global untuk mengurangi emisi GRK—nilai-nilai yang sejalan dengan prinsip ESG dan pembangunan industri berkelanjutan. (HUR)


Share post

Tentang Penulis
Humas

Humas