Berdasarkan laporan terbaru yang dirilis oleh Invinyx dan Jakpat pada Rabu (27/3), Instagram, YouTube, dan TikTok tercatat sebagai media sosial favorit berbagai generasi di Indonesia sepanjang tahun 2023.
JAKARTA, HUMASINDONESIA.ID—Dalam konteks aktivitas humas di ranah digital, mengetahui preferensi masyarakat mengenai media sosial (medsos) favorit adalah salah satu kunci memenangkan hati audiens. Sebab, dengan itu humas dapat merancang strategi komunikasi yang tepat berdasarkan karakteristik pengguna di masing-masing platform.
Adapun saat ini, diketahui bahwa masyarakat Indonesia memiliki kecenderungan terhadap tiga jenis medsos. Hal tersebut terungkap dalam laporan hasil survei bertajuk Pemetaan Strategi Influencer di Media Sosial, yang dirilis agensi pemasaran digital Invinyx bersama lembaga survei Jakpat, Rabu (27/3/2024).
Dalam laporannya, Invinyx dan Jakpat merinci tiga medsos paling diminati dan sering diakses masyarakat Indonesia adalah Instagram dengan persentase 94 persen, disusul YouTube 91 persen, dan TikTok 81 persen. Sejalan dengan itu, diketahui pula bahwa vlog, podcast, dan story menjadi format konten paling diminati. Dalam klasifikasi gender, perempuan lebih menyukai format konten vlog dan foto, sementara laki-laki menggemari live streaming dan giveaway.
Menurut Research Lead Jakpat Farida Hasna Annuha, preferensi masyarakat terhadap penggunaan medsos dan format konten tersebut merupakan peluang bagi dunia digital marketing. Meski, temuan yang terungkap sejatinya dapat dimanfaatkan siapa saja, termasuk oleh humas untuk berbagai agenda komunikasi. “Perbedaan preferensi ini menegaskan pentingnya menyesuaikan strategi untuk setiap segmen,” ujar Farida dalam keterangan tertulis.
Peluang
Secara keseluruhan, co-founder Invinyx Digital Agency Muhammad Ilmayanto Rustriananda menyampaikan, laporan yang mereka rilis ditujukan untuk membantu pelaku industri agar lebih adaptif dalam berstrategi. “Saat ini audiens semakin matang dan cerdas dalam menikmati konten pemasaran di medsos,” terangnya.
Oleh karena itu, selain dua temuan di atas, laporan tersebut turut mengungkap jenis konten yang digemari pengguna medsos yaitu hiburan dengan persentase 88 persen, disusul konten kuliner 84 persen, dan diikuti fesyen 65 persen.
Dalam laporan tersebut juga terungkap bahwa Gen Z cenderung lebih sering membeli produk kuliner, kecantikan, dan fesyen di medsos. Sementara Gen Y dan Gen X lebih menyukai produk kuliner dan perangkat elektronik. Secara umum, diketahui faktor penting yang memengaruhi keputusan pembelian di medsos adalah tautan kepada produk dalam konten promosi dari key opinion leader. (HUR)