Mencari Solusi Inovatif Menciptakan Lingkungan Kampus Berkelanjutan di JMW 2024

Share post
Ajang kompetisi MarkPlus WOW Case Competition 2024 yang diselenggarakan oleh M Corp. Foto: Dok. YouTube/Markplus Channel

Gelaran Jakarta Marketing Week (JMW) 2024 menyelipkan MarkPlus WOW Case Competition dalam rangkaian kegiatannya, untuk mencari ide inovatif terkait penciptaan lingkungan kampus yang berkelanjutan. Seperti apa?

JAKARTA, HUMASINDONESIA.ID—Gelaran Jakarta Marketing Week (JMW) 2024 persembahan MarkPlus Corp (MCorp) telah sukses digelar pada 15-19 Mei lalu. Dalam rangkaiannya, terselip satu ajang bagi para mahasiswa yang cukup menarik perhatian, yaitu MarkPlus WOW Case Competition.

Kompetisi yang mengusung tema “Your Campus: Envisioning Sustainable Campus” itu dihadirkan sebagai panggung bagi para mahasiswa, untuk mempresentasikan solusi inovatif terhadap penciptaan lingkungan perguruan tinggi yang berkelanjutan.

Founder & Chair of MCorp Hermawan Kartajaya menjelaskan, kompetisi tersebut mencari rumusan inisiatif konkret yang dapat meningkatkan reputasi perguruan tinggi sebagai pusat pembelajaran dengan kepedulian terhadap lingkungan dan masyarakat. “Peserta tidak hanya harus menghasilkan solusi kreatif, tetapi dapat diimplementasikan secara nyata dan berkelanjutan,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Minggu (19/5/2024).

Dari puluhan peserta yang mendaftar, lima tim yang mewakili perguruan tinggi masing-masing keluar sebagai pemenang. Posisi tiga teratas diduduki tim Depok Cult dari Universitas Indonesia, disusul tim Brawigiant dari Universitas Brawijaya, dan dilengkapi tim Emerald dari BINUS University. Kemudian, juara harapan pertama dan kedua diraih tim Ravenclay dan Aylofyo yang sama-sama berasal dari Universitas Indonesia.

Bukan Sekadar Pencitraan

Terlepas dari lima perwakilan perguruan tinggi yang keluar sebagai pemenang, Hermawan menilai, setiap peserta yang ikut dalam kompetisi tersebut telah membuktikan kepeduliannya terhadap lingkungan. “Langkah-langkah kecil perguruan tinggi dapat memiliki dampak besar di seluruh dunia,” lanjutnya.

Bagi Hermawan, isu perguruan tinggi ramah lingkungan harus dimaknai sebagai kesempatan menunjukkan langkah nyata praktik keberlanjutan yang dapat menginsipirasi banyak pihak, bukan sekadar upaya pencitraan atau green washing.

Adapun semangat ajang MarkPlus WOW Case Competition tahun ini selaras dengan salah satu pilar Sustainable Development Goals (SDGs) mengenai pembangunan lingkungan, yang ditujukan mencapai pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan secara berkelanjutan sebagai penyangga seluruh kehidupan. (HUR)

 


Share post

Tentang Penulis
Humas

Humas