Mengenal 7 Jenis Program CSR

Share post
Ilustrasi jenis-jenis program CSR. Foto: Dok. tugu.com

Corporate social responsibility (CSR) merupakan program tanggung jawab sosial perusahaan yang terdiri dari berbagai bentuk dan jenis. Simak informasi selengkapnya mengenai jenis-jenis program CSR di sini.

JAKARTA, HUMASINDONESIA.ID—Humas menjadi enabler bagi program-program tanggung jawab sosial perusahaan atau social corporate responsibility (CSR). Khususnya, dalam hal komunikasi. Untuk itu, sebaiknya humas mengetahui jenis-jenis program CSR.

Dilansir dari Lindungihutan.com, berikut ini ada 7 jenis program CSR yang penting diketahui humas. Antara lain:

  1. Filantropi

Filantropi adalah kegiatan kemanusiaan untuk membantu masyarakat yang membutuhkan. Kegiatan ini bisa dilakukan dalam bentuk penggalangan dana untuk masyarakat kurang mampu, korban bencana, pelayanan gratis, dan lain sebagainya.

  1. Budaya Kerja Ramah SDM  

Bentuk pembedayaan Sumber Daya Manusia (SDM) bisa berupa penanaman nilai dan sikap untuk menghasilkan SDM yang berkualitas dan kompeten. Salah satunya, memberikan pelatihan dan beasiswa. 

  1. Pemberdayaan Ekonomi Karyawan

Pelaksanaan CSR juga berlaku bagi kalangan internal perusahaan. Misalnya, memberikan pelatihan wirausaha, membentuk koperasi karyawan, dan lain-lain.

  1. Volunteering

Volunteering atau kegiatan sukarela juga merupakan salah satu bentuk implementasi CSR. Dalam program ini, perusahaan mendorong karyawan untuk menyisihkan waktu melakukan berbagai berbagai aktivitas membantu masyarakat secara sukarela. 

  1. Corporate Societal Marketing

Dikutip dari buku Corporate Social Responsibility: Transformasi Konsep Sustainability Management dan Implementasi di Indonesia karya Dwi Kartini yang terbit tahun 2013, corporate societal marketing merupakan program CSR dalam bentuk kampanye untuk mengubah perilaku masyarakat terhadap isu tertentu. Fokus tujuan dari aktivitas CSR ini untuk mendorong perubahan perilaku masyarakat baik dari segi kesehatan, gaya hidup, dan lainnya dengan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan.

  1. Rehabilitasi Alam

Pelaksanaan CSR dengan rehabilitasi alam berfokus pada perlindungan lingkungan. Fokus programnya seperti reboisasi hutan, penanaman pohon bakau, menjaga kelestarian terumbu karang, dan program sejenis untuk menjaga kelestarian lingkungan. 

  1. Pengolahan limbah

Program CSR pengolahan limbah biasanya dilakukan oleh perusahaan yang menghasilkan limbah dalam aktivitas bisnisnya. Program ini dapat berupa gerakan daur ulang dan sebagainya.

Demikian tujuh jenis program CSR yang penting untuk diketahui oleh humas. (HUR)


Share post

Tentang Penulis
Humas

Humas