Mengenal Kegiatan ‘’Cyber Public Relations’’

Share post
Ilustrasi cyber PR. Foto: Pexels.com/Nelson

Meski secara fungsi praktisi humas di ranah siber mengemban tanggung jawab yang sama dengan praktisi konvensional, tetapi ada sejumlah keterampilan khusus yang perlu dikuasai.

JAKARTA, HUMASINDONESIA.ID — Menyusul perkembangan digital, dunia kehumasan diperkaya dengan praktik anyar. Belakangan,  cyber PR menjadi salah satu pendekatan yang jamak dijalankan. Secara praktis, istilah tersebut merujuk kepada kegiatan humas yang dilakukan dengan sarana media elektronik internet seperti media sosial, website, e-mail, e-newsletter, dan medium sejenis lainnya.

Meski secara fungsi praktisi humas di ranah siber mengemban tanggung jawab yang sama dengan praktisi konvensional, tetapi ada sejumlah keterampilan khusus yang perlu dikuasai. Dikutip dari laman esaunggul.ac.id, beberapa keterampilan tersebut di antaranya menulis naskah iklan atau promosi, memproduksi video, mengemas konten media sosial, menganalisis audiens, hingga mengelola SEO dan blog.

Keunggulan Kegiatan Cyber PR

Jika dibandingkan dengan praktik konvensional,  kegiatan humas yang dilakukan dengan sarana media elektronik memiliki sejumlah keunggulan, seperti sebagai berikut. 

  1. Layanan 24 Jam

Berbeda dengan humas konvensional yang biasanya dibatasi durasi dan hari kerja, aktivitas kehumasan di ranah siber dapat berlangsung 1x24 jam setiap harinya. Hal ini dikarenakan informasi yang dicari oleh publik dapat ditampilkan di website dan media sosial organisasi selama yang dikehendaki.

  1. Respons Cepat

Humas yang berkegiatan di media elektronik dapat dengan cepat merespons pemberitaan, isu, atau apa pun yang muncul di media online. Sebab, tersedia banyak tools internet yang bisa mendukung upaya penyebaran informasi atau pelacakan umpan balik secara praktis.

  1. Interaktif

Dengan adanya berbagai media online dan media sosial, humas dimudahkan untuk berinteraksi secara cepat, tepat, dan langsung dengan publik, konsumen, atau kliennya.

Demikian pembahasan seputar kegiatan humas di ranah siber. Semoga informasi ini bermanfaat, ya! (HUR)


Share post

Tentang Penulis
Humas

Humas