Menggali Empat Jenis Citra Menurut Frank Jefkins

Share post
Ilustrasi citra perusahaan. Foto: freepik.com

Penting bagi organisasi mengidentifikasi citra yang ingin dibentuk di mata masyarakat. Ada empat jenis citra. Simak uraiannya di sini.  

YOGYAKARTA, HUMASINDONESIA.ID – Membangun citra atau image identik dengan pencitraan. Padahal upaya ini tidak melulu berkonotasi negatif. Menurut Rahmat Kriyantono dalam bukunya yang berjudul Teknik Praktis Riset Komunikasi (2006), citra merupakan gambaran tentang objek di pikiran khalayak atau konsumen.

Citra dalam lembaga atau perusahaan dibangun melalui persepsi atau kesan publik terhadap institusi tersebut. Oleh karena itu, penting bagi organisasi mengidentifikasi citra yang ingin dibentuk di mata masyarakat. 

Frank Jefkins dalam bukunya yang berjudul Essentials of Public Relations yang diterbitkan pertama kali pada tahun 1988 mengelompokkan empat jenis citra bagi perusahaan sebagai berikut: 

1. The Mirror Image

The mirror image atau cerminan citra merupakan cara perusahaan menafsirkan citra organisasi tersebut dilihat oleh khalayak eksternal.

2. The Current Image

The current image atau gambaran saat ini adalah citra terkini organisasi/perusahaan yang sedang mencuat di publik.

3. The Wish Image

The wish image atau citra yang diinginkan merupakan citra yang diharapkan dan dicita-citakan oleh organisasi. Citra ini dapat diimplementasikan untuk sesuatu hal yang baru, seperti misalnya produk, sebelum publik memperoleh informasinya secara lengkap.

4. The Multiple Image

The multiple image atau citra berganda merupakan sejumlah citra dari individu, kantor cabang, atau perwakilan perusahaan yang dapat membentuk citra tertentu dari sebuah organisasi. Citra yang terbentuk ini belum tentu sesuai dengan keseragaman citra seluruh perusahaan.

Demikian demikian dapat disimpulkan bahwa membangun persepsi melalui citra organisasi memiliki banyak manfaat. Mulai dari meningkatkan kepercayaan konsumen dan pemangku kepentingan, meningkatkan daya tarik, menunjukkan diferensiasi, dan masih banyak lagi. (AZA)


Share post

Tentang Penulis
Humas

Humas