Menilik 4 Macam Tujuan Promosi yang Dilakukan Perusahaan

Share post
Ilustrasi pembagian brosur sebagai salah satu sarana promosi. Foto: www.chicagohomeless.org

Promosi tidak selalu ditujukan untuk meningkatkan penjualan. Ada empat tujuan lain yang bisa dicapai perusahaan. Apa saja?

YOGYAKARTA, HUMASINDONESIA.ID – Promosi merupakan salah satu strategi pemasaran yang dapat diandalkan oleh perusahaan. F. Tjiptono dalam bukunya berjudul Strategi Pemasaran (2008) menyebutkan, promosi bahkan menjadi kunci keberhasilan bisnis perusahaan.

Sementara itu R. Lupiyoadi dalam bukunya berjudul Manajemen Pemasaran Jasa: Berbasis Kompetensi (2013) menjelaskan, promosi ditujukan untuk mempengaruhi konsumen dalam kegiatan pembelian, atau penggunaan jasa sesuai dengan keinginan dan kebutuhannya.

Sebagai strategi yang umum dalam dunia pemasaran, tujuan promosi tidak selalu berkaitan dengan penjualan. Dilansir dari buku Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication (2009) karya F. Rangkuti, setidaknya terdapat empat tujuan promosi. Apa saja?

1. Memodifikasi Tingkah Laku

Promosi dapat ditujukan untuk mengubah tingkah laku dan pendapat individu, termasuk mengubah preferensi merek, mendorong konsumen untuk mencoba produk baru, hingga meningkatkan frekuensi pembelian.

2. Memberikan Informasi

Promosi juga dapat digencarkan dengan tujuan mengedukasi pasar tentang produk atau jasa yang ditawarkan, seperti lewat ulasan fitur, manfaat, hingga cara penggunaan produk.

3. Membujuk

Dalam hal ini promosi ditujukan untuk membujuk konsumen agar memilih produk atau jasa yang ditawarkan melalui iklan yang menonjolkan manfaat, testimoni pelanggan, penawaran terbatas, serta penekanan pada keunikan maupun keunggulan produk.

4. Mengingatkan

Promosi juga dapat ditujukan sebagai pengingat bagi konsumen agar tidak melupakan produk atau layanan, seperti melalui iklan rutin, email, unggahan media sosial, dan lainnya.

Demikian empat tujuan promosi, yang secara umum juga dapat dimanfaatkan untuk menciptakan hubungan jangka panjang dengan konsumen. (AZA)


Share post

Tentang Penulis
Humas

Humas