Menuju KNH20 : Humas dan PR Harus Kontribusi Jaga Reputasi Negara

Share post
Sesi foto saat Webinar Menuju KNH 20 yang mengangkat tema Adaptif, Inovatif dan Kolaboratif

Praktisi PR dan Humas disebut sebagai garda terdepan untuk menjaga reputasi. Tidak hanya bagi perusahaan dan lembaga masing-masing, tapi juga bagi bangsa dan negara Indonesia. Mengapa dan bagaimana caranya?

 

JAKARTA, HUMASINDONESIA.ID – Korsorsium perusahaan investasi internasional, Deep Knowledge Group, menempatkan Indonesia pada peringkat 97 dari 100 negara yang dianggap aman dari wabah pandemi Covid-19.  Data ini menjadi tamparan sekaligus berdampak pada reputasi dan kepercayaan bangsa. Pertanyaannya kemudian, apa yang harus dilakukan praktisi public relations (PR) sebagai garda terdepan penjaga reputasi dan bentuk kontribusi kepada negara?

Agung Laksamana, Ketua Umum BPP PERHUMAS dalam gelar wicara PERHUMAS MenujuKNH20, Rabu (23/9/2020), yang diselenggarakan secara virtual mengatakan, praktisi humas harus mampu mengedepankan kecepatan dalam menyampaikan informasi dan menyeimbangkan kompetensi yang dimiliki sesuai tuntutan zaman.

“Sebab, jika PR tidak cepat bertindak, transparan, memberikan suatu konsep dasar serta konten-konten positif bahwa negeri ini mampu melakukan penurunan angka Covid-19, dampaknya akan sangat riskan terhadap reputasi dan kepercayaan,” kata Director Corporate Affairs APRIL Group itu.

 

Adaptif, Inovatif, Kolaboratif

Isu inilah yang menjadi agenda Konvensi Nasional Humas 2020 (KNH20). Dengan mengangkat tema “Adaptif, Inovatif, dan Kolaboratif” tersebut akan mengajak seluruh humas se-Indonesia untuk mendukung pemerintah secara nyata dalam menekan laju penularan Covid-19. Serta, berpartisipasi secara aktif dalam persiapan pascapandemi di tanah air.

Kegiatan ini juga diharapkan mampu menjadi platform bagi para praktisi humas untuk saling memahami berbagai tantangan dan kesempatan terhadap situasi dari masing-masing organisasi maupun bangsa. Lainnya, dapat menjadi wadah berbagi ilmu, perspektif, pengalaman serta pemikiran dalam menghadapi tantangan saat ini.

“Adaptif terhadap perubahan yang konstan, inovatif dalam mencari solusi melalui strategi kreatif, serta mampu berkolaborasi dengan berbagai pihak,” ujar Boy Kelana Soebroto, yang tahun ini didapuk sebagai Ketua Panitia KNH20.

Berbagai subtema sudah disiapkan untuk mengisi event tahunan PERHUMAS yang untuk kali pertama diselenggarakan secara virtual di tengah pandemi pada 4-5 Desember 2020. Antara lain, Tren Global, Humas Pemerintah, Strategi dan Integrasi Komunikasi, Humas dan Kredibilitas, Media dan Tanggung Jawab Sosial, dan Tantangan Komunikasi. (ais)


Share post

Tentang Penulis
Humas

Humas