
Untuk pertama kalinya, HUMAS INDONESIA mengadakan kompetisi nasional meninjau kinerja humas pemerintah di tingkat nasional maupun daerah.
YOGYAKARTA, HUMASINDONESIA.ID – Berbeda dari kompetisi lainnya, Indonesia Government Public Relations Award (IGA) 2023 merupakan kompetisi khusus untuk mengapresiasi kinerja praktisi kehumasan pemerintah se-Indonesia. HUMAS INDONESIA selaku penyelenggara telah melaksanakan technical meeting dengan para peserta secara virtual, Kamis (9/3/2023).
Berbeda dengan Anugerah Humas Indonesia (AHI), menurut founder dan CEO HUMAS INDONESIA Asmono Wikan, IGA fokus pada karya-karya program komunikasi kehumasan pemerintah. Kompetisi ini terbuka bagi humas pemerintah di lingkungan kementerian, lembaga, pemerintah darah, perguruan tinggi negeri, BUMN, anak usaha BUMN, BUMD, serta RSUP/RSUD. Sementara AHI berinduk pada kepatuhan institusi, organisasi, lembaga publik terhadap pelaksanaan Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik (KIP).
Kompetisi IGA terdiri dari dua kategori. Pertama, kompetisi berbasis pengiriman entry. Kedua, kompetisi berbasis nonentry yang berupa media monitoring. Untuk kompetisi berbasis entri berbasis penjurian ini, meliputi Kategori Humas Pemerintah Terbaik (individu), Lembaga Humas Pemerintah Terbaik, serta Program Kehumasan Terbaik.
Khusus untuk Kategori Program Kehumasan Terbaik, kompetisinya meliputi sembilan tema. Antara lain:
1. Lingkungan dan Perubahan Iklim
2. Sosial
3. Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak
4. Koperasi, UMKM, dan Ekonomi Kreatif
5. Kesehatan
6. Pariwisata dan Pengembangan Desa Wisata
7. Infrastruktur, Perhubungan, dan Transportasi
8. Energi dan Energi Terbarukan
9. City Branding kota/kabupaten/provinsi.
Asmono mengatakan, tema program kehumasan yang dikompetisikan tersebut sudah dirancang dan dipilih berdasarkan pemantauan. “Ada banyak kementerian, lembaga, dan daerah yang memiliki program kehumasan berdasarkan sektor masing-masing,” kata pria yang juga merupakan anggota Dewan Pers tersebut.
Terdapat lima juri yang didapuk untuk menilai karya-karya IGA 2023. Mereka adalah Asmono Wikan (founder & CEO HUMAS INDONESIA), Emilia Bassar (CEO CPROCOM), Janette Maria Pinariya (Wakil Rektor I LSPR), Jojo Suharjo Nugroho (Managing Director Imogen PR), dan Maria Wongsonagoro (President Director IPM Public Relations).
Sementara itu, untuk kategori nonentry terdiri dari Pemimpin Terpopuler di Media Pemberitaan On-line dan Institusi Terpopuler di Media Pemberitaan On-line. Jangan sampai ketinggalan, ikuti kompetisinya sekarang. Pengumpulan entry dibuka hingga 31 Maret 2023. Sementara puncak acara akan berlangsung di Makassar, 24 - 26 Mei 2023 dengan mengusung tema “Komunikasi Publik untuk Peradaban Bangsa”. Yuk, segera mendaftar! (AZA)
