Tips Humas dalam Melakukan Jumpa Pers

Share post

Jumpa pers menjadi ajang humas dalam mengenalkan perusahaannya ke publik. Lalu bagaimana agar jumpa pers bisa telaksana dengan baik dan efektif?

YOGYAKARTA, HUMASINDONESIA.ID – Jumpa pers oleh humas hari ini tidak dibatasi waktu maupun tempat. “Jumpa pers ini menjadi kesempatan bagi praktisi humas untuk menjelaskan kepada wartawan, apa yang sebenarnya terjadi,” ujar Octo Lampito, Pemimpin Redaksi Harian Kedaulatan Rakyat pada GPR Workshop: The Power of Media Handling to Build Public Trust di Yogyakarta, Rabu (27/7/22).

Jumpa pers menjadi kesempatan bagi praktisi humas untuk meningkatkan citra perusahaan. Melalui jumpa pers, perusahaan dapat melaporkan kinerja perusahaan, melaporkan secara berkala perkembangan suatu permasalahan yang sedang dihadapi, hingga menjelaskan situasi saat perusahaan berhadapan dengan isu-isu miring.

Menurut Octo, untuk melakukan jumpa pers, banyak yang perlu dipersiapkan oleh praktisi humas dengan matang. Sobat HUMAS harus membuat undangan yang singkat dan jelas seperti keterangan tempat dan waktu, topik pokok yang diadakan, sampai kontak humas pada undangan. Octo melanjutkan, dalam hal ini praktisi humas juga perlu mempertimbangkan sosok yang menjadi juru bicara.

Agar tidak terjadi kekeliruan informasi, Octo menambahkan, agar humas menyediakan press kit yang berisi press release dan lembar fakta.

“Untuk kenyamaan pimpinan, pisahkan pintu masuk dan keluar untuk wartawan dan juru bicara. Hal ini agar nantinya pimpinan bisa meninggalkan jumpa pers dengan nyaman,” pungkasnya. (fsb)


Share post

Tentang Penulis
Humas

Humas