Haryo Limanseto - Kepala Biro Komunikasi Kemenko Perekonomian: Sampaikan Kebenaran untuk Publik

Share post
Haryo Limanseto, Kepala Biro Komunikasi Layanan Informasi dan Persidangan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian. Foto: Dok. Pribadi

“Praktik langsung di lapangan”, jadi metode belajar Haryo Limanseto selama berkarier sebagai praktisi public relations (PR).

YOGYAKARTA, HUMASINDONESIA.ID – Siapa sangka, pria yang kini telah dua tahun menjabat sebagai Kepala Biro Komunikasi Layanan Informasi dan Persidangan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, itu justru awalnya tidak pernah berkecimpung di bidang public relations (PR). Di awal ia berkarier tahun 1993, Haryo ditugaskan di Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, Kementerian Keuangan. Saat itu, pekerjaannya tidak jauh-jauh dari menangani masalah fasilitas perdagangan, fasilitas industri, revenue collector, dan community protector.

Kepiawaiannya dalam menyatukan para stakeholder membuatnya dipercaya sebagai Kasubdit Humas di Direktorat Jenderal Bea dan Cukai. Itulah awal perjalanannya berkarier di bidang kehumasan. “Waktu itu saya dinilai pimpinan dapat menjalin hubungan baik dan menyatukan berbagai kepentingan dari beragam macam stakeholder mulai dari pihak pemerintahan, swasta, dan kalangan media,” jelasnya ketika memberikan keterangan kepada awak media HUMAS INDONESIA, Rabu (12/10/2022) melalui WhatsApp.

Berlatar belakang pendidikan di Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) Program Diploma Keuangan Jurusan Bea dan Cukai membuatnya sedikit kewalahan ketika menjajaki bidang kerja PR. “Saya rajin ikut kursus atau tawaran-tawaran diklat kehumasan setelah berkecimpung di bidang ini. Jadi pada dasarnya saya mendapatkan ilmu kehumasan bukan secara teori di perguruan tinggi tetapi dengan mempraktikkannya langsung,” tuturnya

Berkat tekad dan kerja kerasnya, ia berhasil membawa perubahan di divisi humas Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian. Salah satunya adalah membuat contact center Bravo Bea dan Cukai 1500225. Di bawah kepemimpinannya, Humas Kemenko Perekonomian juga mendapatkan banyak penghargaan, di antaranya: Keterbukaan Informasi Badan Publik Kategori Kementerian yang Informatif dari Komisi Informasi Pusat (2021), Anugerah Media Humas terbaik Kedua kategori Siaran Pers dari Kemenkominfo (2021), TOP Government Public Relations Awards kategori Kementerian dari GPR Institute (2021). Selanjutnya penghargaan Government Social Media Awards kategori Best Campaign dari Government Social Media Summit (GSMS) tahun 2021, Media Cetak Terpopuler dari PR INDONESIA (2021), The News Maker dari iNews Maker Awards (2022), The Most Popular Minister dari Iconomics (2022), dan Rakyat Merdeka Awards dari Rakyat Merdeka (2022).

Pundak Seorang Humas

Salah satu hal yang membuat pria pehobi olahraga tenis ini yakin untuk terjun di bidang PR adalah karena merasa bahwa badan publik khususnya di level pemerintahan perlu menyampaikan capaian kinerjanya kepada publik. “Pemerintah sejatinya terdiri dari aparatur negara yang harus menjelaskan apa saja yang sudah dikerjakan untuk negara dan masyarakat. Unit kehumasan di suatu instansi tidak perlu berlebihan dalam menyampaikan capaian kinerja apalagi sampai tidak jujur,” tegasnya ketika ditanya mengenai motivasinya memilih berkarier di bidang PR.

Pria lulusan Magister Administrasi Publik Universitas Indonesia itu merasa tanggung jawab yang dipikul seorang humas sangat besar. Humas harus sigap dalam melayani permintaan informasi dari publik hingga mengubah persepsi masyarakat yang kurang baik terhadap institusi. Terlebih Haryo mulai menjabat sebagai kepala biro komunikasi saat pandemi COVID-19 muncul di Indonesia tahun 2020 yang tentunya memiliki tantangan semakin besar.

Semasa sekolah, Haryo berpindah-pindah domisili mengikuti dinas dari orang tuanya, namun sebagian besar waktunya ia habiskan di Surabaya. Mantan atlet tenis ini berujar ingin terus bisa bermanfaat bagi banyak orang. “Saya ingin suatu saat ada pencapaian posisi yang lebih tinggi atau lingkup yang lebih luas. Secara pribadi, saya ingin menjadi orang yang lebih baik, bermanfaat bagi lingkungan dan tempat saya bekerja,” pungkasnya. (AZA)


Share post

Tentang Penulis
Humas

Humas