Galang Antusiasme Publik Jelang Peresmian Jembatan Holtekamp

Share post

Keseriusan pemerintah membangun infrastruktur di Papua menyedot perhatian publik. Untuk menjawab keingintahuan publik, pemerintah pun membuka saluran komunikasi khusus yang secara intens menginformasikan proses pembangunan jembatan tersebut.   

JAKARTA, HUMAS INDONESIA.ID – Pembangunan Jembatan Holtekamp merupakan bagian dari potret kesungguhan dan keseriusan pemerintah dalam membangun jembatan di daerah-daerah tertinggal. Jembatan sepanjang 733 meter ini akan membentang di atas Teluk Youtefa. Keberadaannya akan menghubungkan dan mempersingkat perjalanan dari Kota Jayapura menuju wilayah perbatasan Indonesia dan Papua Nugini, Skouw.

Bukti keseriusan pemerintah membangun Jembatan Holtekamp dikomunikasikan melalui media sosial Instagram dengan alamat @jembatanholtekamp, akun resmi yang dibuat oleh PT PP (Persero) Tbk selaku kontraktor. Dari sinilah publik dapat menyaksikan, mengetahui proses, perkembangan pembangunan, informasi terkini, sekaligus melibatkan masyarakat untuk menjadi saksi berdirinya jembatan yang akan menjadi ikon baru Papua tersebut. Dari hasil pantauan Humas Indonesia, sejak akun ini dibuat pada Desember 2016, tercatat sudah ada 88 unggahan dan diikuti oleh 860 pengikut.

Tak mau ketinggalan, untuk menggalang antusiasme publik jelang peresmian yang rencananya akan dilaksanakan pada awal tahun ini, Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) senantiasa menjadikan pembangunan Jembatan Holtekamp sebagai sorotan utama program pembangunan infrastruktur di daerah tertinggal. Hal ini selaras dengan salah satu program prioritas mereka, Konektivitas untuk Negeri.

Langkah ini mendapat respons positif dari masyarakat. Popularitasnya makin terdongkrak tatkala pejabat publik seperti Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, hingga orang nomor satu di Indonesia, Presiden Joko Widodo diikutsertakan dalam strategi komunikasi. Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, misalnya, membuat vlog khusus mengenai kunjungannya ke Papua, termasuk saat meninjau proyek Jembatan Holtekamp. Hal serupa pun dilakukan oleh sang Presiden. Alhasil video mengenai pembangunan dan kunjungan ke proyek Jembatan Holtekamp menjadi salah satu video KemenPUPR yang yang paling banyak ditonton di YouTube.   

Beberapa akun yang khusus mempromosikan wisata di tanah air pun langsung menanggapi jembatan tersebut. Mereka menilai Jembatan Holtekamp memiliki daya tarik potensial  karena didukung oleh keindahan alam dan art lighting di sepanjang jembatan. (den)


Share post

Tentang Penulis
Humas

Humas