Transformasi Humas BKKBN Melalui Vodcast

Share post
Vodcast WIB tayang di Be In Radio dan Youtube BKKBN Official, dok : instagram @bkkbnofficial

Vodcast Waktu Indonesia Berencana konsisten diproduksi BKKBN dari tahun 2020, topik yang diangkat meliputi kependudukan, keluarga berencana, dan pembangunan remaja.

JAKARTA, HUMASINDONESIA.ID – Hadirnya podcast di kalangan milenials tak lepas dari pengaruh digitalisasi media. Konten yang dihadirkan melalui podcast juga dinilai lebih menarik karena berbasis audio sehingga pendengar dapat melakukan kegiatan lain sembari mendengarkan.

Peluang ini dimanfaatkan dengan baik oleh Direktorat Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) BKKBN untuk membangun reputasi di masyarakat khususnya generasi muda. Akhmad Gesang Yuwono, Pranata Humas Ahli Muda BKKBN bersama timnya, lantas melakukan peralihan kegiatan public relations ke arah digital atau cyber public relations.

“Bentuknya, kami mengaktifkan kembali Facebook, Twitter, serta pembuatan konten vodcast  (video podcast) Waktu Indonesia Berencana (WIB) di Be Indonesia Radio dan Kanal Youtube Resmi BKKBN,” ujarnya saat dihubungi HUMAS INDONESIA, Minggu (11/9/2022).

Penggunaan Youtube untuk mendistribusikan konten WIB karena fakta banyak generasi muda menonton video podcast. Merujuk survey yang dilakukan Populix 2022, berjudul Social Media Habit and Internet Safety, terungkap bahwa 94% responden mengakses Youtube dalam satu bulan terakhir. Sedangkan data dari DailySocial dan JakPat Mobile Survey Platform 2018 mengungkapkan 65% masyarakat tertarik pada konten podcast dan 62,69% karena fleksibilitas akses.

Vodcast Waktu Indonesia Berencana (WIB) diproduksi agar masyarakat dan stakeholder dapat memperoleh informasi dan sosialisasi program kependudukan, keluarga berencana, percepatan penurunan stunting, pencegahan pernikahan dini, dan bahaya seks bebas secara lebih berkelanjutan.

Humanisme

Usaha yang dibangun Direktorat Komunikasi Informasi dan Edukasi (KEI) BKKBN ini telah membentuk engagement yang baik dengan warganet. Upaya itu dilakukan dengan menggandeng bintang tamu kompeten sesuai topik pembahasan, seperti psikolog anak dan remaja Irma Gustiana A,M.Psi dan Elda Luciana Oradede, M.Sc Dosen Magister Ekonomi Kependudukan dan Ketenagakerjaan FEB UI.

Vodcast mampu membangun humanisme di kalangan masyarakat, khususnya lembaga seperti BKKBN. Di dalam vodcast terjadi kolaborasi dengan narasumber berupa pertukaran sudut pandang, tentunya hal tersebut menambah pengetahuan pendengar,” ungkapnya.
Baginya, cara ini efektif untuk mengenalkan dan menjelaskan kegiatan kehumasan yang dilakukan BKKBN. Terbukti dengan feedback positif dari masyarakat selama menonton vodcast tersebut. (FAD)

 


Share post

Tentang Penulis
Humas

Humas