10 Tips Pidato Efektif ala Cicero

Share post
Ilustrasi Marcus Tullius Cicero. Foto: Dok. DictioCommunity

Menurut filsuf dan orator besar asal Roma, Marcus Tullius Cicero, ada 10 hal yang dapat memastikan sebuah pidato efektif. Apa saja?

JAKARTA, HUMASINDONESIA.ID—Tidak sedikit orang merasa kesulitan untuk memastikan efektivitas sebuah pidato, karena ada banyak faktor yang harus diperhatikan. Mulai dari penguasaan materi, bahasa tubuh, artikulasi, hingga audiens. Namun, tokoh besar Roma yang terkenal akan kemampuan retorikanya, Marcus Tullius Cicero, punya sejumlah tips untuk memastikan hal tersebut.

Dikutip dari buku How To Win an Argument: Sebuah Panduan Klasik tentang Seni Persuasi (2021) karya James M. May, bagi Cicero, setidaknya ada 10 hal yang perlu dipenuhi seorang orator untuk memastikan efektivitas pidatonya. Berikut uraiannya.

1. Bakat, Kemampuan, dan Latihan

Menurut Cicero, orator yang baik harus memiliki kualitas bakat (kodrat) yang terus diasah, ditambah kemampuan seni dalam berbicara, dan latihan secara terus menerus. Baginya, bakat alami tanpa latihan yang baik tidak akan ada artinya.

2. Kefasihan Berbicara

Kefasihan dalam berbicara merupakan senjata utama seorang orator. Selain itu, kefasihan bagi Cicero juga berarti penguasaan terhadap jenis kata yang “bertenaga” dan persuasif.

3. Mengenal, Menyusun, dan Menghafal

Orator andal harus mengenali pokok permasalahan terlebih dahulu, baru kemudian mencari fakta untuk membuktikannya. Dalam hal ini, penyusunan materi harus dilakukan sesuai gaya masing-masing orator agar efektif. Lalu, hafalkan poin utamanya untuk memudahkan penyampaian kepada audiens.

4. Memiliki Tiga Modal Dasar

Terdapat tiga modal dasar dalam persuasi. Pertama, menyediakan argumentasi rasional (logika). Kedua, pembuktian karakter (kredibilitas). Ketiga, daya tarik emosional. Bagi Cicero, orator yang baik memahami kapan harus memakai logika, menunjukkan kredibilitas, atau membangkitkan emosi audiens.

5. Mengenal Audiens

Sebelum menyusun pidato, pastikan dengan baik karakter dan latar belakang audiens, agar pesan yang disampaikan tepat sasaran.

6. Bicaralah dengan Jelas dan Tepat

Orator harus memastikan bahwa bahasa yang digunakan tepat dari segi sintaksis dan tata bahasa. Menurut Cicero, hal ini akan memengaruhi kejelasan dalam menyampaikan isi pidato.

7. Cara Penyampaian

Cara penyampaian yang baik harus didukung dengan intonasi suara dan gestur tubuh yang tepat.

8. Asah Kemampuan Menulis

Menurut Cicero, menggiati kegiatan menulis merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan berbicara.

9. Bicara Berdasarkan Substansi

Cicero menegaskan, orator harus senantiasa fokus terhadap pokok pembicaraan atau perkara penting dari pidatonya. Teknik retorika dan persuasi sebagus apapun, katanya, akan efektif jika orator keluar dari substansi.

10. Mengadaptasi Cara Para Ahli

Secara umum, Cicero menyarankan agar orator dapat mengadaptasi cara-cara yang dilakukan tokoh atau ahli yang terkenal dalam berpidato.

Demikian 10 tips melakukan pidato yang efektif menurut Cicero. Semoga informasi ini bermanfaat, ya! (HUR)


Share post

Tentang Penulis
Humas

Humas