4 Jenis Presentasi dalam ‘’Public Speaking’’

Share post
Ilustrasi public speaking. Foto: Pexels.com/fauxels

Empat jenis presentasi dalam public speaking ini memiliki kelemahan dan kelebihannya masing-masing. Apa saja?

JAKARTA, HUMASINDONESIA.ID—Dalam public speaking, ada sejumlah jenis presentasi atau format penyampaian pesan yang bisa digunakan pembicara. Adapun penggunaan masing-masing jenis tersebut dapat didasarkan kepada beberapa faktor seperti tujuan presentasi, audiens, dan waktu yang tersedia.

Dikutip dari buku berjudul Public Speaking Mastery (2021) karya Ongky Hojanto, setidaknya terdapat empat jenis presentasi yang umum digunakan dalam aktivitas public speaking, dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Berikut uraiannya.

1. Presentasi Dadakan (Impromptu)

Ini merupakan jenis presentasi yang dilakukan secara spontan tanpa persiapan sebelumnya. Umumnya, pembicara ditunjuk secara mendadak untuk berbicara di hadapan audiens.

Kelebihan: Informasi yang disampaikan oleh pembicara bersifat apa adanya dan tanpa rekayasa karena dilakukan secara spontan.

Kelemahan: Pembicara berpotensi menyampaikan materi secara tersendat-sendat. Untuk mengantisipasinya, menerapkan tujuh teknik impromptu dapat memastikan public speaking tetap berjalan lancar.

2. Presentasi Naskah (Manuscript)

Pada jenis ini pembicara menyampaikan materi dengan cara membaca naskah yang telah disiapkan. Presentasi ini biasanya digunakan untuk pidato.

Kelebihan: Penyampaian materi dilakukan secara berurutan, sistematis, dan lebih lancar karena sudah dipersiapkan sebelumnya.

Kelemahan: Audiens akan merasa bosan jika materi presentasi terlalu formal dan pembicara terlalu terpaku pada naskah.

3. Presentasi Hafalan (Memoriter)

Presentasi ini dilakukan dengan cara menghafal keseluruhan materi teks, sehingga terkesan lebih natural dibanding jenis manuscriptKelebihan dan kelemahan presentasi ini hampir sama dengan jenis manuscript. Hanya, dalam jenis presentasi ini pembicara ditantang untuk tidak mengalami blank.

4. Presentasi yang Sudah Dipersiapkan (Ekstempore)

Ini merupakan jenis presentasi paling sempurna dibandingkan yang lainnya. Pada jenis ini, pembicara hanya menyiapkan materi secara garis besar, untuk kemudian dijabarkan secara detail pada saat presentasi.

Kelebihan: Pendekatan ini akan memastikan pembicara tetap pada konteks pembicaraan, sembari juga melakukan interaksi dengan audiens.

Kelemahan: Perlu pengalaman dan wawasan yang cukup mengenai topik presentasi.

Demikian empat jenis presentasi dalam public speaking. Jenis presentasi apa yang sering kamu gunakan? (HUR)


Share post

Tentang Penulis
Humas

Humas