Terapkan Rumus 5P Ini untuk Mengatasi Rasa Takut saat ‘’Public Speaking’’

Share post
Ilustrasi public speaking. Foto:Pexels.com/MikailNilov

Rasa takut dan gugup yang kerap muncul ketika melakukan public speaking nyatanya dapat diatasi dengan rumus 5P. Apa itu?

JAKARTA, HUMASINDONESIA.ID—Survei terbaru yang dilakukan YouGov UK mengungkapkan, sebanyak 15 persen masyarakat Inggris memiliki rasa takut ketika berbicara di depan umum (public speaking). Menariknya, angka tersebut membuat aktivitas public speaking menjadi salah satu dari 10 fobia teratas yang dimiliki masyarakat Inggris.

Secara praktik, aktivitas berbicara di depan orang banyak memang cukup menantang. Menjadi wajar jika banyak orang yang merasa takut untuk melakukannya. Namun, sejatinya perasaan tersebut bisa diatasi. Menurut Ongky Hojanto dalam buku berjudul Public Speaking Mastery (2021), upaya mengatasinya dapat dilakukan dengan penerapan rumus 5P. Berikut uraiannya.

1. Pemanasan

Pemanasan dapat dilakukan dengan cara membawakan materi public speaking di hadapan teman-teman atau orang yang dikenal. Namun, sebelum itu, lakukan senam mulut atau tongue twister untuk menghindari pengucapan yang terbata-bata.

2. Penyesuaian Diri

Penyesuaian secara fisik dapat dilakukan dengan cara datang lebih awal ke lokasi, agar tidak semakin gugup karena terburu-buru. Setelah itu, lakukan penyesuaian diri secara mental dan pikiran, seperti dengan cara mengulas materi yang akan dibawakan untuk meningkatkan kepercayaan diri.

3. Pernapasan

Lakukan pernapasan perut untuk mengatasi rasa gugup. Cara melatih teknik ini dengan  meletakkan tangan kanan di atas perut, kemudian tarik napas perlahan melalui hidung. Setelah itu embuskan napas perlahan melalui mulut. Ulangi teknik ini hingga 15 kali sebelum tampil.

4. Perubahan Bahasa Tubuh

Hal ini dapat dilakukan dengan cara seperti mengubah napas dan pandangan mata, menggunakan bahasa tubuh terbuka, membusungkan dada, berdiri tegak, hingga lompat-lompat. Khusus untuk yang terakhir, lakukan sebelum naik panggung sebanyak 20-30 kali sembari mengucapkan afirmasi positif untuk meredakan kecemasan.

5. Penjangkaran

Teknik ini merujuk kepada praktik penanaman rasa percaya diri di dalam otak. Sebagai contoh, ingat kembali momen dalam hidup yang pernah mendongkrak rasa percaya diri. Aktivitas ini dapat dilakukan sambil menyatukan ujung jari tengah dengan ujung ibu jari tangan sebelah kanan, lalu diakhiri mengucapkan kata-kata positif dengan penuh semangat. Lakukan teknik ini sesering mungkin, hingga dirasa cukup menjadi “jangkar” di kepala.

pubDemikian uraian mengenai rumus 5P yang bisa dipraktikkan untuk mengatasi rasa takut ketika melakukan public speaking. Semoga informasi ini bermanfaat, ya! (HUR)


Share post

Tentang Penulis
Humas

Humas